Rabu, 27 Maret 2013

Tips dan Trick Berolahraga Treadmill Yang Baik



Berolahraga dengan menggunakan treadmill sangatlah populer di kalangan pecinta gym atau fitness. Mereka yang ingin tetap bugar, menurunkan berat badan atau ingin meningkatkan stamina tubuh lebih memilih untuk berolahraga dengan treadmill.

Treadmill adalah salah satu olahraga indoor terbaik yang bisa dilakukan secara rutin tanpa mempedulikan cuaca dan waktu. Hujan, cuaca yang panas, atau pulang terlambat dari kerja mungkin membuat anda melewatkan jadwal rutin lari. Dan disinilah letak peran penting dari treadmill ini.

Anda bisa menggunakan treadmill kapanpun, asalkan mengikuti aturan dasar dari olahraga ini. Ada beberapa tips yang akan membantu anda untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari penggunaan treadmill.

Bacalah beberapa poin di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang tips tersebut… Tips untuk Berolahraga Treadmill yang Baik:

Persiapan

Inilah salah satu tips berolahraga yang paling penting yang perlu selalu anda ingat sebelum menggunakan treadmill. Anda harus benar-benar yakin baik secara mental maupun secara fisik bahwa anda siap untuk menggunakan treadmill.

Saat anda sudah merasa siap, anda bisa menggunakan celana training yang nyaman serta kaos yang terbuat dari bahan katun. Pakailah sepatu lari yang bersih dan bawalah botol air minum yang mudah dipegang. Minumlah air secukupnya untuk menghindari dehidrasi serta untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Berlari dalam jangka waktu yang lama tanpa berhenti akan membuat keringat anda mengucur deras. Oleh sebab itu, pakailah handuk yang bersih untuk mengusap keringat. Sebelum anda mulai berolahraga menggunakan treadmill, cek terlebih dahulu apakah mesin treadmill tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Pemanasan

Setelah anda siap untuk menggunakan treadmill, jangan langsung berlari diatas treadmill. Sebelum anda melakukan olahraga apapun, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini adalah tips berolahraga yang sangat penting.

Anda bisa melakukan pemanasan dengan melakukan beberapa gerakan dasar peregangan. Anda juga bisa berjalan diatas treadmill selama 5 menit untuk memanaskan otot-otot tubuh. Setelah anda siap untuk berlari, naikkan kecepatan treadmill secara perlahan dan mulailah berlari.

Menyetel Kecepatan

Ketika tubuh anda sudah panas, tentukan kecepatan dari treadmill tersebut. pastikan bahwa kecepatan treadmill tersebut cukup cepat untuk membuat degup jantung anda menjadi lebih cepat. Namun, anda sebaiknya tidak menyetel kecepatan treadmill menjadi lebih cepat ketika anda terengah-engah serta sulit untuk berbicara di kecepatan tersebut.

Jika anda adalah seorang pemula, sebaiknya berlari dengan kecepatan latihan lambat-cepat.

Mainkan Triknya

Ketika anda berlari diatas treadmill, anda akan berada di satu tempat yang sama. Olahraga ini tidak akan sama dengan jika anda berlari sejauh beberapa kilometer. Jadi, mainkan triknya ketika anda berlari diatas treadmill.

Naikkan irama anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari olahraga diatas treadmill ini. Langkah yang panjang akan meningkatkan kecepatan lari. Untuk meningkatkan irama lari, berlarilah sekitar 180 langkah kaki selama satu menit (sekitar 90 langkah untuk satu kaki saja).

Perut Kosong

Ini adalah tips lain yang harus anda ikuti sebelum anda berlari diatas treadmill. Anda bisa merencanakan untuk menggunakan treadmill kapanpun anda mau. Namun, pastikan bahwa perut anda sedang dalam keadaan yang kosong.

Berolahraga menggunakan treadmill tidak hanya meningkatkan metabolisme tubuh atau tingkat degupan jantung saja, tetapi juga membakar lemak tubuh. Perut yang penuh dapat membuat anda merasa malas dan lesu. Anda bisa mengambil beberapa snack sehat setelah selesai berolahraga.

Demikianlah tips untuk berolahraga treadmill. Silakan di praktekkan dan komentar apa yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar